NaCF 2024: Chemistry Competition – Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa dan Mahasiswa Tingkat Nasional

National Chemistry Fair (NaCF) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia UNY. Kegiatan ini terdiri dari dua event utama, yaitu seminar nasional dan Chemistry Competition, CeC. Rangkaian kegiatan NaCF 2024 dibuka dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang merupakan ajang kompetisi bagi siswa SMA/MA/SMK sederaat dan mahasiswa tingkat nasional. Program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa SMA/SMK/MA dan mahasiswa dalam mengidentifikasi problematika mengenai pentingnya pemberdayaan sumber energi terbarukan guna menciptakan stabilitas lingkungan serta mengembangkan inovasi terbaru untuk memberdayakan potensi sumber energi terbarukan demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Tema yang diangkat dalam LKTI tahun ini adalah “Peran Generasi Muda dalam Penanganan Krisis Energi sebagai Upaya Pengembangan Energi Terbarukan untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals 7”. Adapun subtema yang dapat dikaji meliputi bidang lingkungan, energi terbarukan, pendidikan, teknologi, dan kesehatan. Secara umum, kegiatan LKTI siswa dan mahasiswa ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu seleksi abstrak, seleksi full paper, dan terakhir babak presentasi. Proses seleksi dilakukan dengan melibatkan dosen-dosen FMIPA dari bidang multidisipliner yang telah berpengalaman, seperti Dr. Dyah Purwaningsih, S.Si., M.Si., Dra. Cornelia Budimarwanti, M.Si. dan Yunilia Nur Pratiwi, S. Pd., M. Pd. (Depdik Kimia), Wipsar Sunu Brams Dwandaru, S.Si., M.Sc., Ph.D. dan Khafidh Nur Aziz, S.Si., M.Sc. (Depdik Fisika), serta Dita Puji Rahayu, S. Pd., M. Pd. (Depdik IPA).

Periode pendaftaran sekaligus pengumpulan abstrak dibuka sejak bulan September 2023 dan ditutup pada 13 Januari 2024. Sebanyak 178 abstrak dari jenjang SMA/MA/SMK dan 150 abstrak dari jenjang mahasiswa yang terkumpul dalam dua gelombang pendaftaran siap bersaing ke tahap berikutnya. Hasil seleksi dewan juri memutuskan 50 abstrak terbaik pada masing-masing jenjang yang berkesempatan untuk mengirimkan full paper dari ide kreatifnya dengan jangka waktu penyelesaian selama satu bulan. Setelah melalui proses seleksi yang ketat pada beberapa aspek meliputi logika penulisan, orisinalitas ide, kekinian solusi dan aplikasi, metodologi, dan lain sebagainya, terpilihlah 12 besar karya terbaik yang akan bertanding kembali melalui presentasi karya dihadapan juri pada tanggal 8 Maret 2024. Penganugerahan pemenang LKTI dilakukan bersamaan dengan kegiatan Seminar Nasional Kimia yang dilaksanakan keesokan harinya.

Berikut data pemenang pada masing-masing jenjang.

Jenjang SMA/MA/SMK
Juara 1 : SMA Negeri 1 Malang - SPARKLE: Teknologi Robotik Berbasis IoT untuk Pembersih Panel Surya Jarak Jauh
Juara 2 : SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana - BFO (Biodiesel Fish Oil) : Pemanfaatan Limbah Air Pemindangan Ikan dalam Mengatasi Kelangkaan Solar Bagi Kapal Nelayan Juwana
Juara 3 : MAN 4 Bantul - STABIN: Alat Penghasil Listrik melalui Pembakaran Sampah Berbasis Sel Peltier Terintegrasi Internet Of Things Guna Mewujudkan Energi Berkelanjutan
Best paper : SMK Negeri 1 Paringin – Alan Berino 3.2

Jenjang Mahasiswa
Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
Juara 2 : Universitas Diponegoro, Semarang
Juara 3 : IPB University, Bogor
Best paper : Universitas Diponegoro, Semarang
Best poster : Universitas Negeri Yogyakarta

Selamat kepada para pemenang...!