Capaian Pembelajaran Lulusan

 
Profil Lulusan Program Studi
  1. Pengajar Pendidikan Kimia: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia telah dibekali agar mampu menjadi pendidik baik dalam lembaga formal pendidikan tingkat dasar dan menengah, pendidikan tingkat tinggi, maupun lembaga informal dan non formal, termasuk didalamnya sebagai pengembang kurikulum kimia dan manajemen pendidikan di tingkat sekolah.
  2. Peneliti bidang Pendidikan Kimia: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UNY telah dibekali agar mampu menjadi peneliti di bidang pendidikan kimia dengan kekhasan pendidikan kimia yang berbeda dengan penelitian pendidikan dan atau kimia dengan menerapkan berbagai metode penelitian pendidikan dalam mendukung program pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat.
  3. Wirausaha bidang Pendidikan Kimia: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia dibekali kemampuan untuk mengembangkan diri agar dapat menempuh karir tidak hanya menjadi pendidik atau peneliti di bidang pendidikan kimia akan tetapi berwirausaha terutama dalam bidang pendidikan kimia atau bidang kimia.
  4. Pengelola pendidikan kimia: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia dibekali dengan konsep manajemen pendidikan dan keterampilan merancang program pembelajaran di sekolah dan kegiatan pendidikan dalam masyarakat, manajemen laboratorium, serta manajemen ekstrakurikuler ilmiah di sekolah
  5. Asisten peneliti ahli: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia dibekali dengan keterampilan   laboratorium, merancang percobaan serta melaksanakan penelitian kimia sederhana untuk dapat berperan sebagai asisten bagi peneliti kimia atau yang sejenis.    
 
Learning Outcome Program Studi
 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Pendidikan Kimia S1 diturunkan dari profil yang telah ditetapkan dan mengacu pada domain CPL menurut KKNI. CPL dirumuskan secara padat dan singkat sesuai ketentuan lembaga akreditasi dan sertifikasi internasional ASIIN dan AUN-QA.  CPL prodi dirumuskan menjadi 12 seperti tersaji pada Tabel 1.

Selanjutnya CPL dijabarkan menjadi sub-CPL mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  RI  nomor 73 tahun 2013 tentang KKNI dan nomor 49 tahun 2014  tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum yang dielaborasi dari rumusan CPL hasil rekomendasi Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Divisi Pendidikan Kimia yang disajikan pada Tabel 2.

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Sarjana Pendidikan Kimia

Domain

Capaian Program Pembelajaran

 Sub-CPL

Sikap

CPL1

 

Menunjukkan semangat religius, bermoral, beretika dan berkarakter Indonesia dalam kehidupan berkelompok, bermasyarakat dan bernegara.

Sub-CPL S1, S2, S3, S5, S7, S8, S11

CPL2

 

Menunjukkan kemandirian dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu dan kelompok dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat.

Sub-CPL S4, S6, S9, S10

Pengetahuan

CPL3

 

Menerapkan konsep, prinsip, hukum, perhitungan dan teori kimia, pendidikan, dan pendidikan kimia yang senantiasa diperbaruinya sebagai bagian dari pembelajaran sepanjang hayat untuk memecahkan masalah dalam karir, kehidupan sehari-hari dan kehidupan bermasyarakat berdasarkan nilai-nilai keagamaan dan filosofi bernegara.

Sub-CPL P1,P2, P9

CPL4

 

Mengintegrasikan konsep kimia, pengelolaan dan keselamatan laboratorium, pengetahuan pedagogik kimia, kurikulum, strategi, sumber belajar, media, evaluasi, pengelolaan kelas, dan TIK yang mendukung nilai-nilai keagamaan, filosofi dalam kegiatan pembelajaran kimia

Sub-CPL P3, P4

CPL5

 

Memahami metodologi penelitian pendidikan kimia dan karakteristik prosedur penelitiannya dalam mendukung program pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat serta integritas akademik dalam penelitian dan karya ilmiah

Sub-CPL P5, P6

CPL6

 

Memahami konsep pengelolaan program pendidikan dan konsep kewirausahaan secara umum serta dalam bidang kimia dan pendidikan kimia

Sub-CPL P7, P8

Keterampilan Umum

CPL7

 

Mampu mengadaptasi keterampilan berpikir kritis dan kreatif, mencegah plagiasi, serta berargumentasi secara ilmiah dalam menghadapi masalah dalam karir, kehidupan sehari-hari dan kehidupan bermasyarakat

Sub-CPL KU1, KU3, KU4, KU5, KU9

 

CPL8

 

Menerapkan keterampilan kolaboratif untuk membangun jejaring kerja, pengembangan diri, serta menyelesaikan permasalahan dalam karir, kehidupan sehari-hari dan kehidupan bermasyarakat.

Sub-CPL KU2, KU6, KU7, KU8

Keterampilan Khusus

CPL9

 

Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah sesuai dengan karakteristik materi (content knowledge) dan karakteristik peserta didik, pendekatan pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran (pedagogical knowledge), serta teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (technological knowledge) secara inovatif dan adaptif

Sub-CPL KK1

CPL10

 

Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi aktivitas di laboratorium dengan memperhatikan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja) dan isu lingkungan secara inovatif dan adaptif.

Sub-CPL KK2

CPL11

 

Mengidentifikasi permasalahan dan menentukan alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian, merancang, mengimplementasikannya dalam penelitian kimia maupun pendidikan kimia serta mempublikasikannya sesuai kaidah dan integritas akademik didukung dengan penerapan kompetensi digital

Sub-CPL KK3, KK4, KK5, KK7, KK9

CPL12

 

Mampu berkomunikasi ilmiah baik secara lisan maupun tulisan untuk menyampaikan gagasan atau ide baik dalam forum ilmiah menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat.

Sub-CPL KK6, KK8

 

 

Tabel 2. Sub- Capaian Pembelajaran Lulusan (Sub-CPL) Prodi Sarjana Pendidikan Kimia

I. SIKAP (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

II. PENGETAHUAN (P)

  1. Memahami konsep teoretis dan aplikasi tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasi (content knowledge);
  2. Memahami teori pendidikan, karakteristik peserta didik, dan keprofesian (pedagogy knowledge);
  3. Mengintegrasikan konsep kimia, pengetahuan pedagogik kimia, kurikulum, metodologi, media, evaluasi, pengelolaan kelas, dan TIK dalam pembelajaran kimia (technological pedagogical and content knowledge);
  4. Memahami prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), pengelolaan laboratorium, penggunaan peralatan dan instrumen kimia untuk penelitian, serta penanganan isu lingkungan;
  5. Memahami dasar-dasar metode ilmiah dan integritas akademik dalam penelitian dan karya ilmiah serta konsekuensi pelanggaran plagiarisme dan upaya pencegahannya.
  6. Memahami metodologi penelitian pendidikan kimia dan karakteristik prosedur penelitiannya  dalam mendukung program pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat.
  7. Memahami konsep teoritis kewirausahaan secara umum serta dalam bidang kimia dan pendidikan kimia; dan
  8. Memahami konsep dasar pengelolaan program pendidikan yang mencakup kegiatan kokurikuler, intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
  9. Memahami konsep keyakinan beragama dan tata cara peribadatannya, filosofi Pancasila dan kewarganegaraan

 

III. KETERAMPILAN UMUM (KU)

  1. mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

IV. KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

1. Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah sesuai dengan karakteristik  materi (content knowledge) dan karakteristik peserta didik, pendekatan pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran (pedagogical knowledge), serta teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (technological knowledge) secara  inovatif dan adapti

2. Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi aktivitas di laboratorium dengan memperhatikan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja) dan isu lingkungan secara inovatif dan adaptif

3. Mengidentifikasi permasalahan dan menentukan alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian, serta merancang dan mengimplementasikannya dalam penelitian pendidikan kimia.

4. Menyusun karya ilmiah bidang pendidikan kimia sesuai kaidah dan integritas akademik.

5. Menerapkan kompetensi digital dalam pembelajaran kimia dan kehidupan sehari-hari yang relevan

6. Menyusun rancangan pemecahan masalah dalam mendukung program pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat.

7. Merancang, menjalankan, dan mengeveluasi kegiatan usaha sederhana untuk memproduksi dan mendistribusikan barang atau jasa terutama terkait pengimplementasian ilmu kimia dan pendidikan kimia

8. Mampu berkomunikasi ilmiah baik secara lisan maupun tulisan untuk menyampaikan gagasan atau ide baik dalam forum ilmiah, di kelas maupun dalam masyarakat menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

9. Mampu menggunakan intrumentasi kimia untuk menyelesaikan permasalahan dalam kerangka penelitian kimia sederhana