You are here
Capaian Pembelajaran Lulusan
- Pengajar Pendidikan Kimia: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia telah dibekali agar mampu menjadi pendidik baik dalam lembaga formal pendidikan tingkat dasar dan menengah, pendidikan tingkat tinggi, maupun lembaga informal dan non formal, termasuk didalamnya sebagai pengembang kurikulum kimia dan manajemen pendidikan di tingkat sekolah.
- Peneliti bidang Pendidikan Kimia: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UNY telah dibekali agar mampu menjadi peneliti di bidang pendidikan kimia dengan kekhasan pendidikan kimia yang berbeda dengan penelitian pendidikan dan atau kimia dengan menerapkan berbagai metode penelitian pendidikan dalam mendukung program pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat.
- Wirausaha bidang Pendidikan Kimia: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia dibekali kemampuan untuk mengembangkan diri agar dapat menempuh karir tidak hanya menjadi pendidik atau peneliti di bidang pendidikan kimia akan tetapi berwirausaha terutama dalam bidang pendidikan kimia atau bidang kimia.
- Pengelola pendidikan kimia: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia dibekali dengan konsep manajemen pendidikan dan keterampilan merancang program pembelajaran di sekolah dan kegiatan pendidikan dalam masyarakat, manajemen laboratorium, serta manajemen ekstrakurikuler ilmiah di sekolah
- Asisten peneliti ahli: Dalam bidang ini, alumni Prodi Pendidikan Kimia dibekali dengan keterampilan laboratorium, merancang percobaan serta melaksanakan penelitian kimia sederhana untuk dapat berperan sebagai asisten bagi peneliti kimia atau yang sejenis.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Pendidikan Kimia S1 diturunkan dari profil yang telah ditetapkan dan mengacu pada domain CPL menurut KKNI. CPL dirumuskan secara padat dan singkat sesuai ketentuan lembaga akreditasi dan sertifikasi internasional ASIIN dan AUN-QA. CPL prodi dirumuskan menjadi 12 seperti tersaji pada Tabel 1.
Selanjutnya CPL dijabarkan menjadi sub-CPL mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 73 tahun 2013 tentang KKNI dan nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum yang dielaborasi dari rumusan CPL hasil rekomendasi Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Divisi Pendidikan Kimia yang disajikan pada Tabel 2.
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
Domain |
Capaian Program Pembelajaran |
Sub-CPL |
|
Sikap |
CPL1
|
Menunjukkan semangat religius, bermoral, beretika dan berkarakter Indonesia dalam kehidupan berkelompok, bermasyarakat dan bernegara. |
Sub-CPL S1, S2, S3, S5, S7, S8, S11 |
CPL2
|
Menunjukkan kemandirian dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu dan kelompok dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat. |
Sub-CPL S4, S6, S9, S10 |
|
Pengetahuan |
CPL3
|
Menerapkan konsep, prinsip, hukum, perhitungan dan teori kimia, pendidikan, dan pendidikan kimia yang senantiasa diperbaruinya sebagai bagian dari pembelajaran sepanjang hayat untuk memecahkan masalah dalam karir, kehidupan sehari-hari dan kehidupan bermasyarakat berdasarkan nilai-nilai keagamaan dan filosofi bernegara. |
Sub-CPL P1,P2, P9 |
CPL4
|
Mengintegrasikan konsep kimia, pengelolaan dan keselamatan laboratorium, pengetahuan pedagogik kimia, kurikulum, strategi, sumber belajar, media, evaluasi, pengelolaan kelas, dan TIK yang mendukung nilai-nilai keagamaan, filosofi dalam kegiatan pembelajaran kimia |
Sub-CPL P3, P4 |
|
CPL5
|
Memahami metodologi penelitian pendidikan kimia dan karakteristik prosedur penelitiannya dalam mendukung program pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat serta integritas akademik dalam penelitian dan karya ilmiah |
Sub-CPL P5, P6 |
|
CPL6
|
Memahami konsep pengelolaan program pendidikan dan konsep kewirausahaan secara umum serta dalam bidang kimia dan pendidikan kimia |
Sub-CPL P7, P8 |
|
Keterampilan Umum |
CPL7
|
Mampu mengadaptasi keterampilan berpikir kritis dan kreatif, mencegah plagiasi, serta berargumentasi secara ilmiah dalam menghadapi masalah dalam karir, kehidupan sehari-hari dan kehidupan bermasyarakat |
Sub-CPL KU1, KU3, KU4, KU5, KU9
|
CPL8
|
Menerapkan keterampilan kolaboratif untuk membangun jejaring kerja, pengembangan diri, serta menyelesaikan permasalahan dalam karir, kehidupan sehari-hari dan kehidupan bermasyarakat. |
Sub-CPL KU2, KU6, KU7, KU8 |
|
Keterampilan Khusus |
CPL9
|
Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah sesuai dengan karakteristik materi (content knowledge) dan karakteristik peserta didik, pendekatan pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran (pedagogical knowledge), serta teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (technological knowledge) secara inovatif dan adaptif |
Sub-CPL KK1 |
CPL10
|
Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi aktivitas di laboratorium dengan memperhatikan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja) dan isu lingkungan secara inovatif dan adaptif. |
Sub-CPL KK2 |
|
CPL11
|
Mengidentifikasi permasalahan dan menentukan alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian, merancang, mengimplementasikannya dalam penelitian kimia maupun pendidikan kimia serta mempublikasikannya sesuai kaidah dan integritas akademik didukung dengan penerapan kompetensi digital |
Sub-CPL KK3, KK4, KK5, KK7, KK9 |
|
CPL12
|
Mampu berkomunikasi ilmiah baik secara lisan maupun tulisan untuk menyampaikan gagasan atau ide baik dalam forum ilmiah menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat. |
Sub-CPL KK6, KK8 |
Tabel 2. Sub- Capaian Pembelajaran Lulusan (Sub-CPL) Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
I. SIKAP (S) |
|
II. PENGETAHUAN (P) |
|
III. KETERAMPILAN UMUM (KU) |
|
IV. KETERAMPILAN KHUSUS (KK) |
1. Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah sesuai dengan karakteristik materi (content knowledge) dan karakteristik peserta didik, pendekatan pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran (pedagogical knowledge), serta teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (technological knowledge) secara inovatif dan adapti 2. Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi aktivitas di laboratorium dengan memperhatikan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja) dan isu lingkungan secara inovatif dan adaptif 3. Mengidentifikasi permasalahan dan menentukan alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian, serta merancang dan mengimplementasikannya dalam penelitian pendidikan kimia. 4. Menyusun karya ilmiah bidang pendidikan kimia sesuai kaidah dan integritas akademik. 5. Menerapkan kompetensi digital dalam pembelajaran kimia dan kehidupan sehari-hari yang relevan 6. Menyusun rancangan pemecahan masalah dalam mendukung program pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan relevansi pendidikan kimia dengan masyarakat. 7. Merancang, menjalankan, dan mengeveluasi kegiatan usaha sederhana untuk memproduksi dan mendistribusikan barang atau jasa terutama terkait pengimplementasian ilmu kimia dan pendidikan kimia 8. Mampu berkomunikasi ilmiah baik secara lisan maupun tulisan untuk menyampaikan gagasan atau ide baik dalam forum ilmiah, di kelas maupun dalam masyarakat menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 9. Mampu menggunakan intrumentasi kimia untuk menyelesaikan permasalahan dalam kerangka penelitian kimia sederhana
|
Sistem Informasi
Kontak Kami
Program Studi Pendidikan Kimia
FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Gedung Dekanat D.07 FMIPA UNY
Kampus Karangmalang Yogyakarta 55281
Telp. (0274)586168 Pes. 115
Email: pend_kimia@uny.ac.id
Copyright © 2025,