Visi Misi

Visi Program Studi Pendidikan Kimia

Visi Program Studi Pendidikan Kimia adalah “Pada tahun 2025 terwujud Program Studi Pendidikan Kimia yang berbasis mutu dan unggul di tingkat Asia Tenggara dalam pengembangan pembelajaran dan penelitian untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial,  berdaya saing global dan memiliki karakter taqwa, mandiri dan cendekia”

Penjelasan mengenai istilah dalam visi adalah sebagai berikut.

  1. Berbasis mutu artinya Prodi Pendidikan Kimia secara terus menerus meningkatkan performansi proses dan hasil pengelolaan Prodi dengan mendayagunakan semua sumber daya yang tersedia
  2. Unggul artinya memiliki kekhususan yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan lulusan Prodi Pendidikan Kimia di luar UNY
  3. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru berkaitan dengan kemampuan membelajarkan siswa. Kompetensi Pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya
  4. Kompetensi Profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya
  5. Kompetensi Kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia
  6. Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar
  7. Berdaya saing global artinya memiliki keunggulan yang dapat dibandingkan dengan lulusan sarjana Prodi Pendidikan di tingkat global
  8. Ketaqwaan mengandung arti bahwa dalam menjalankan amanahnya, UNY melaksana kan kegiatan – kegiatan pada jalan yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dengan nilai ketakwaan, setiap sivitas akademika UNY diharapkan dapat 1) beriman teguh, 2) jujur, 3) taat kepada hukum dan perintah Tuhan, serta 4) berahlak mulia
  9. Kemandirian merujuk kepada profesionalisme seseorang yang kuat dalam menjalankan amanahnya sehingga cara berpikir, bersikap, dan bertindak lebih cenderung dilandasi oleh profesionalisme diri dengan penuh kesadaran atas akibatnya bagi diri sendiri, lembaga, masyarakat, maupun bangsa, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dengan mengedepankan profesionalisme diri, kepercayaan diri, dan prakarsa diri yang tidak selalu menggantungkan pada orang lain
  10. Kecendekiaan mengandung makna bahwa dalam berfikir, besikap, dan bertindak, semua sivitas akademika selalu mendasarkan pada kebenaran ilmiah. Ciri-ciri seorang cendekia adalah 1) cakap dan pintar, 2) cerdas, 3) kreatif, 4) produktif bekaya, dan 5) peduli.

Misi Program Studi  Pendidikan Kimia

Dalam rangka mencapai visi ke depan, Prodi Pendidikan Kimia mengemban misi yang dilaksanakan sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, dan mampu berperan di era global.

  2. Mengembangkan pendidikan kimia melalui penelitian dan inovasi berdasar pada pendidikan karakter sesuai kearifan lokal dan konteks kehidupan peserta didik , serta menyebarluaskan hasil penelitian secara nasional maupun internasional.

  3. Melakukan Pengabdian dengan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan kimia pada pihak pengguna.

  4. Membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lain baik dari dalam atau luar negeri untuk mendukung laju pengembangan ilmu kimia dan pendidikan kimia.

  5. Membina sivitas akademika yang ditujukan pada terwujudnya masyarakat kampus yang bertaqwa, mandiri, dan cendekia serta memiliki kecintaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air.

Visi Keilmuan Prodi Sarjana Pendidikan Kimia

Prodi Sarjana Pendidikan Kimia memiliki visi keilmuan “Menyelenggarakan pendidikan yang unggul, berorientasi pada relevansi sains, dan berbasis teknologi melalui penelitian pendidikan kimia yang berdaya saing global” yang sesuai dengan visi kelembagaan. Berikut penjelasan dari visi keilmuan tersebut.

  1. Visi keilmuan ini sangat sesuai dengan visi kelembagaan (FMIPA & UNY) dengan penggunaan kata kunci yang semakna yang menekankan pada penyelenggaraan pendidikan yang unggul melalui inovasi pembelajaran dan penguatan penelitian pendidikan kimia yang berkelanjutan dan berdaya saing global untuk meningkatkan relevansi pembelajaran kimia.
  2. Penguatan penelitian pendidikan kimia yang berorientasi relevansi sains dan mendukung tujuan pendidikan berkelanjutan mencirikan keunggulan prodi dalam menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik kimia yang memiliki kompetensi penelitian pendidikan kimia secara mandiri.
  3. Rumusan Visi keilmuan sangat jelas dengan diawali kata ‘menyelenggarakan’, sehingga mudah dipahami maknanya. Visi keilmuan akan diimplementasikan melalui penyelenggaraan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Visi keilmuan PS sangat visioner yang mana menegaskan pada pemanfaatan teknologi untuk menghasilkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian/manfaat yang diberikan pada masyakarat untuk memenuhi tujuan relevansi sains yang bersifat multidimensional (individual-societal-vocational- & present-future) dalam rangka menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif sehingga mampu bersaing secara global dan mendukung Responsible Citizenship.
  5. Visi keilmuan sangat realistik karena dapat diwujukan dengan dukungan kecukupan jumlah dosen yang berkompeten dalam bidang masing-masing dan aktif melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi serta mempublikasikan karya dalam berbagai bentuk, dukungan sarana dan prasarana yang memadai baik di lingkungan PS maupun di luar PS, dukungan kolaborasi yang dibangun oleh dosen dan mahasiswa, serta dana yang tersedia di internal fakultas & universitas maupun yang diperoleh melalui kompetensi pendanaan di luar fakultas & universitas.