NaCF 2024: Chemistry Competition – Kompetisi Kimia SMA/MA

National Chemistry Fair (NaCF) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia UNY. Kegiatan ini terdiri dari dua even utama, yaitu seminar nasional dan Chemistry Competition, CeC. Salah satu cabang kompetisi yang dilombakan bagi siswa SMA/MA sederajat tingkat Nasional adalah Kompetisi Kimia (KomKim). Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mewadahi minat untuk mengasah keterampilan siswa SMA/SMK/MA sederajat dalam memahami konsep ilmu kimia.

Kegiatan Kompetisi Kimia ini dilaksanakan secara hybrid, dimana babak penyisihan dilaksanakan secara daring sedangkan babak semifinal dan final dilakukan secara luring di lingkungan kampus FMIPA UNY. Antusiasme publik dapat dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti seleksi babak pertama pada tanggal 11 Februari 2024. Sebanyak 455 peserta dari 15 regional di Indonesia mulai dari Yogyakarta, Solo, Semarang, Jakarta, Bandung, Bogor, Purwokerto, Makassar, Surabaya, Malang, Bali, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, dan Jayapura mengikuti seleksi babak regional yang dilakukan secara online menggunakan platform ujian yang telah ditetapkan panitia. Hasil seleksi babak pertama diperoleh 60 peserta yang akan bersaing di babak semifinal. Mereka terdiri dari dua peserta terbaik dari masing-masing regional ditambah 30 peserta dengan peringkat teratas nasional.

Proses seleksi babak semifinal dilakukan pada tanggal 24 Februari 2024 dengan sistem tes tertulis secara offline. Peserta diminta mengerjakan soal-soal pilihan ganda dan esai tentang materi-materi kimia. Sebanyak sepuluh orang peserta dengan nilai tertinggi akan melaju ke babak final yang dilaksanakan pada hari yang sama. Seleksi babak final terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu babak praktikum dan LCC (Lomba Cerdas Cermat) yang dilaksanakan berurutan. Sepuluh terbaik hasil seleksi babak semifinal mengikuti penilaian di babak praktikum untuk selanjutnya dipilih lima besar yang akan bersaing kembali di babak grand final melalui Lomba Cerdas Cermat untuk memperebutkan posisi juara.

Berikut rekapitulasi hasil Kompetisi Kimia UNY 2024.
Juara I : Baruna Adi Sanjaya (SMA Cahaya Rancamaya)
Juara II : Naufal Attala Maajid (SMAN 8 Jakarta)
Juara III : M. Asyiq Manarul H. (SMA Plus Ar Rahman Bojonegoro)
Juara Harapan I : Ramadhani Adhinata (MAN 1 Yogyakarta)
Juara Harapan II : Gustav Ian S. (SMAK Plus Penabur Cirebon)

Selamat kepada para pemenang...!