Visiting Professor: Assoc. Prof. Dr. Sevil Akaygun - Bogazici University, Istanbul

Model Pembelajaran Kimia adalah salahsatu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UNY yang ditumpuh pada semester ketiga. Sebagai wujud implementasi Kurikulum MBKM, dan mempersiapkan lulusan yang berwawasan siap bersaing secara global, Prodi Pendidikan Kimia menyelenggarakan kegiatan Visitting Professor. Assoc. Prof. Dr. Sevil Akaygun dari  Department of Mathematics and Science Education, Bogazici University, Istanbul, hadir sebagai pengajar mata kuliah Model Pembelajaran Kimia, untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UNY secara daring melalui Zoom Meeting, Senin, 27 September 2021.

Assoc. Prof. Dr. Sevil Akaygun telah berpengalaman mengajar kimia dan sains sekolah menengah dan mengampu beberapa mata kuliah di Bogazici University, seperti Science Technology Society, Teaching Method in Chemistry, Research Method in Science and Mathematics Education, Inquiry-based Learning, dan Media and Methods in Science and Mathematics Education. Pada kesempatan kali ini Assoc. Prof. Dr. Sevil Akaygun berdiskusi menyampaikan materi tentang Models and Modelling in Chemistry Education. Interaksi dan partisipasi mahasiswa dibangun sejak awal perkuliahan ini seperti dengan memanfaatkan media kuis online, dan diskusi kelompok kecil pada breakout room zoom meeting. Mahasiswa belajar tentang model dan memodelkan pembelajaran kimia yang selama ini dianggap abstrak. Model menjadi deskripsi atau konsepsi yang disederhanakan atau diidealkan, pada situasi atau proses tertentu. Sering kali sebagai representasi konseptual atau mental seeprti teori tentang molekuler. Adapun model digunakan untuk merancang menyederhanakan deskripsi pemodelan, sehingga ada upaya untuk membangun model dari system tertentu. Memodelkan pembelajaran kimia dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi seperti molymod atom, video animasi tentang molekul dan ikatan kimia, atau gambar. Memodelkan pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep kimia, namun masih bisa terjadi miskonsepsi sehingga pemahaman konsep dan penjelasan materi secara detail kepada peserta didik menjadi salahsatu hal yang harus diperhatikan.

Pada kegiatan diskusi kelompok kecil, mahasiswa diajak untuk analisis model yang diberikan: fisik, visual, mental. Diskusi dilanjutkan pada kesulitan peserta didik dalam bekerja dengan model yang diberikan melalui analisis fitur utama atau karakteristik penting pada suatu gambar tentang kesetimbangan kimia. Melalui kegiatan Visiting Professor ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan semangat mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia sebagai lulusan yang siap bersaing secara global.