Sosialisai Kurikulum 2025 Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia

Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UNY menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kurikulum 2025 pada Senin, 7 Juli 2025. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2022, 2023, dan 2024 sebagai bagian dari upaya transisi dan pemahaman menyeluruh terhadap implementasi kurikulum baru. Acara diawali dengan sambutan oleh Dr. Ali Mahmudi, M.Pd., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FMIPA UNY. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa kurikulum 2025 akan diberlakukan secara menyeluruh untuk seluruh mahasiswa aktif dari angkatan 2022 hingga 2024, sedangkan mahasiswa angkatan 2025 akan mengikuti kurikulum ini secara penuh hingga lulus. Mahasiswa angkatan 2024 yang akan memasuki semester tiga, akan menempuh mata kuliah yang disesuaikan melalui proses ekivalensi dengan mempertimbangkan kesesuaian substansi, meskipun kode mata kuliah dapat mengalami perubahan.

Sesi inti sosialisasi disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, Prof. Dr. Antuni Wiyarsi, M.Sc., yang menjelaskan secara rinci dasar pengembangan Kurikulum 2025, termasuk perubahan signifikan yang terjadi dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum 2020. Beberapa poin utama yang mengalami pembaruan meliputi rumusan profil lulusan yang lebih adaptif terhadap perkembangan dunia kerja dan pendidikan, penyesuaian visi dan misi program studi, capaian pembelajaran lulusan (CPL), struktur dan sebaran mata kuliah, serta penataan ulang jenis dan kelompok mata kuliah. Perubahan ini didasarkan pada kebutuhan untuk menyelaraskan pendidikan tinggi dengan kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum, termasuk tantangan revolusi industri, kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), dan kebutuhan masyarakat terhadap lulusan yang lebih kompeten, fleksibel, serta memiliki kapasitas pedagogik dan profesional yang unggul.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh mahasiswa memiliki pemahaman yang utuh dan tidak mengalami kebingungan dalam menjalani masa studinya di tengah transisi kurikulum. FMIPA UNY, khususnya Program Studi Pendidikan Kimia, berkomitmen untuk terus mendampingi mahasiswa dalam proses penyesuaian ini agar tetap dapat mencapai capaian pembelajaran secara optimal. Sosialisasi ini juga menjadi wadah komunikasi terbuka antara pengelola program studi dan mahasiswa untuk membangun persepsi yang selaras terhadap arah pengembangan kurikulum dan strategi pelaksanaannya.