- Bahasa Indonesia
- English
You are here
Menelusuri Sistem Pendidikan di Inggris Bersama Dr. Kate Thomson dan Prof. Rob Smith
Pada hari Rabu tanggal 6 Maret 2024, program studi Pendidikan Kimia mengadakan kegiatan visiting professor dengan Dr. Kate Thomson dan Prof. Rob Smith dari Birmingham City University – United Kingdom. Seiring dengan perubahan global yang pesat, sistem pendidikan di Inggris terus menjadi sorotan sebagai salah satu model yang komprehensif dan dinamis. Dr. Kate Thomson dan Prof. Rob Smith memaparkan wawasan mendalam mengenai perkembangan dan tantangan yang dihadapi oleh sektor pendidikan di Inggris kepada mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2021.
Pendekatan Holistik dalam Pendidikan
Dr. Kate Thomson menyoroti pendekatan holistik yang diadopsi oleh sekolah-sekolah di Inggris. “Pendidikan di sini tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan hidup dan karakter siswa,” ujar Dr. Thomson. Ia menambahkan bahwa kurikulum di Inggris dirancang untuk menyeimbangkan teori dan praktek, mempersiapkan siswa untuk tantangan dunia nyata.
Inovasi dalam Metode Pengajaran
Prof. Rob Smith, yang juga berpengalaman luas di bidang pendidikan, membahas tentang inovasi dalam metode pengajaran yang diterapkan di sekolah-sekolah Inggris. “Teknologi telah menjadi bagian integral dari proses belajar mengajar. Penggunaan alat digital dan platform pembelajaran online telah membuka akses lebih luas bagi siswa untuk mendapatkan pengetahuan,” jelas Prof. Smith. Ia juga menekankan pentingnya pelatihan bagi guru untuk mengadaptasi teknologi dalam pengajaran mereka.
Tantangan dan Solusi
Meskipun banyak kemajuan yang telah dicapai, Dr. Thomson dan Prof. Smith juga mengakui adanya berbagai tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan di Inggris. Ketidakmerataan akses pendidikan dan tekanan finansial menjadi beberapa isu utama yang perlu diatasi. “Perlu adanya kebijakan yang lebih inklusif dan dukungan finansial yang memadai untuk memastikan setiap anak mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama,” kata Dr. Thomson.
Harapan untuk Masa Depan
Dalam sesi tanya jawab, keduanya mengekspresikan optimisme mereka terhadap masa depan pendidikan di Inggris. Prof. Smith menyampaikan harapannya agar kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan komunitas dapat terus ditingkatkan. “Dengan kerja sama yang solid, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan inklusif untuk semua siswa,” pungkasnya.
Kegiatan ini memberikan gambaran yang jelas tentang kompleksitas dan dinamika sistem pendidikan di Inggris. Melalui wawasan dari Dr. Kate Thomson dan Prof. Rob Smith, kita dapat memahami betapa pentingnya inovasi dan kebijakan yang berkelanjutan untuk membangun masa depan pendidikan yang lebih baik. (nf)
Sistem Informasi
Kontak Kami
Program Studi Pendidikan Kimia
FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Gedung Dekanat D.07 FMIPA UNY
Kampus Karangmalang Yogyakarta 55281
Telp. (0274)586168 Pes. 115
Email: pend_kimia@uny.ac.id
Copyright © 2024,