Webinar Series #4 Jurusan Pendidikan Kimia, 2021

Jumat, 08 Oktober 2021, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY telah menyeleggarakan Webinar Series #4 dengan mengungang pembicara pakar pendidikan. Webinar yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh 166 peserta yang mencakup guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan. Prof. Dr. Jaslin Ikhsan, PhD sebagai Wakil Dekan bidang Akademik dan Kerja Sama FMIPA UNY memberikan sambutannya sebagai bagian dari pembukaan Webinar Series #4 ini. Pada kesempatan ini, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY menghadirkan  Assoc. Prof. Dr. Sevil Akaygun dari  Department of Mathematics and Science Education, Bogazici University, Istanbul, dan Dr. Jennifer Yeo dari Singapore Univesity of Social Science.

Materi pertama disampaikan oleh Assoc. Prof. Dr. Sevil Akaygun tentang Nanotechnology in Our Lives and Education. Seperti diketahui bahwa nanopartikel adalahteknologi yang berbasis manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular dengan skala nanometer. Sebagai salahsatu metode untuk peserta agar dapat mengimajinasikan partikel nano, Dr. Akaygun menyediakan video yang berasal dari salahsatu cuplikan film sebagai media visualisasi. Adapun salahsatu implementasi nanopartikel dalam kehidupan dapat digunakan sebagai bahan anti bakteri atau sediaan obat antibiotik berbasis bahan alam.

Dr. Jennifer Yeo menyampaikan materi kedua tentang Image to Writing Approach (I2W) to Science COncept Learning at the Primary Science Level. Berdasarkan pemaparan materinya, penggunaan gambar dalam pembelajaran dapat memberika makna keilmuan dan visualisasi. Serangkaian representasi untuk mengubah data empiris menjadi entitias teoritis yang dipilih didorong oleh tujuan pembelajarannya. Ini berguna untuk memediasi pemikiran dan penalaran yang diperlukan untuk mengubah makna empiris menjadi ide teoritis sebagai komponen kunci dari pemikiran dan penalaran sains siswa. Apa yang disampaikan oleh Dr. Yeo didasari oleh kerangka teoritis bahwa gambar memiliki makna kehadiran yang luas dalam proses pembuatan makna dalam kegiatan pembelajaran. Serangkaian lintasan representasional mengubah abstraksi menjadi empiris sehingga hasil yang diberikan oleh siswa dari kegiatan pembelajaran dapat dievaluasi berdasarkan kemampuan mereka untuk mencapai tujuan.

Diskusi interaktif antara narasumber dengan peserta Webinar series #4 menjadi indikasi bahwa materi yang disampiakan narasumber relevan dengan kegiatan pekerjaan peserta. Dengan begitu, diharapkan Webinar Serien #4 dapat menjadi sarana belajar bersama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih variatif. Selanjutnya, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY masih memiliki Webinr Series #5 dan Series #6, sampai jumpa!