Visi Misi

VISI

Pada tahun 2025 terwujud Program Studi Pendidikan Kimia yang berbasis mutu dan unggul dalam pengembangan pembelajaran dan penelitian untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, dan berdaya saing global dan memiliki karakter taqwa, mandiri dan cendekia.

MISI

Misi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UNY adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kegiatan lain yang relevan mencakup :

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, dan mampu berperan di era global.
  2. Mengembangkan pendidikan kimia melalui penelitian dan inovasi berdasar pada pendidikan karakter sesuai kearifan lokal, serta menyebarkanluaskan hasil penelitian secara nasional maupun internasional.
  3. Melakukan Pengabdian dengan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan kimia pada pihak pengguna.
  4. Membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak lain baik di dalam maupun luar negeri untuk mendukung laju pengembangan ilmu kimia dan pendidikan kimia.
  5. Membina sivitas akademika yang ditujukan pada terwujudnya masyarakat kampus yang bertaqwa, mandiri, dan cendekia serta memiliki kecintaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air.

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan Program Studi S-1 Pendidikan Kimia FMIPA UNY yaitu untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang memiliki kompetensi berikut :

  1. Mampu menjadi manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berkepribadian luhur dan berkarakter baik dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik.
  2. Mempunyai Kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial sebagai agen pembelajar kimia di sekolah, dan dapat berperan di era global.
  3. Mengikuti perkembangan ilmu kimia dan dinamika pendidikan kimia serta dapat menerapkannya dalam inovasi pembelajaran kimia.
  4. Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat dan kreatif untuk meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pendidikan kimia.
  5. Mampu menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah pendidikan kimia secara ilmiah.
  6. Menguasai bidang kimia aplikatif untuk mendukung perilaku berkarya dalam usaha produktif masyarakat.
  7. Mampu bekerjasama dalam tim dan memiliki komitmen terhadap pengembangan potensi diri dalam rangka pembentukan karakter.

Tujuan tersebut dijabarkan ke dalam kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan melalui kegiatan perkuliahan, praktikum, penelitian, dan kegiatan lain yang relevan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan fasilitas pendidikan dan penelitian yang memadai dan handal, dapat dicapai oleh lulusan sarjana yang mampu bersaing dalam dunia kerja yang sesuai dengan bidangnya.